Tinggal di pulau Sulawesi,lebih tepatnya provinsi Sulawesi Tengah.Penduduk asli Sulawesi Tengah terdiri beberapa suku,diantaranya Kaili,Bungku,Saluan,Balantak,Banggai,Masama,Buol,dan masih banyak lagi. Bukan hanya suku asli Sulawesi Tengah saja yang ada di sana.Banyak suku lain yang berasal dari luar daerah Sulawesi,seperti suku Jawa,Bali,Sasak,dll. Musik dan tarian daerah tersebut bervariasi.Tarian masyarakat yang paling terkenal di sana yaitu Dero. Tarian Dero berasal dari masyarakat Pamona,kabupaten Poso dan kemudian diikuti masyarakat Kulawi,kabupaten Donggala.

Kaledo

Makanan khas Sulawesi Tengah salah satunya adalah keledo. Keledo adalah jenis makanan yang memiliki kuah bening agak kekuning-kuningan. Keledo ini pertama muncul hanya dengan menggunakan  bahan baku tulang kaki sapi dengan sedikit dagingnya. Namun,seiring dengan berjalannya waktu,banyak orang yang menjual makanan khas keledo tersebut. Kebanyakan masyarakat Sulawesi Tengah,menghidangkan keledo ini ketika Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha yang di hidangkan dengan tambahan burasa (merupakan makanan khas dari Makassar Sulewesi Tengah).

maleo18

Setiap daerah memiliki flora dan fauna yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut,termasuk Sulawesi Tengah. Flora ciri khas Sulawesi diantaranya adalah anoa(binatang yang mirip dengan kerbau) dan burung maleo(bertelur di pasir). Burung maleo merupakan hewan yang unik dan paling setia dengan pasangannya,apabila pasangannya mati,maka dia tidak akan mencari pasangan lagi. hal unik lainnya yaitu burung maleo adalah hewan yang mandiri,sejak ia menetas ia telah mencari makanannya sendiri. Sekarang Burung maleo termasuk dalam hewan yang dilindungi karena hampir punah.