images

 

Jurusan peternakan adalah lembaga yang sudah berkembang dan memberi kontribusi yang tidak sedikit pada perkembangan saing dan teknologi. Banyak orang beranggapan bahwa kuliah di jurusan peternakan tidaklah keren dan menarik,karana itulah tidak banyak yang ingin masuk jurusan peternakan.Banyak prospek kerja pada ilmu peternakan,tidak hannya khusus untuk peternakan saja,sperti agribisnis dan lain-lain. Dunia peternakan sejatinya menawarkan peluang usaha yang sangat besar di pasaran. Banyak perusahaan mengaku kekurangan sarjana  tenaga ahli peternakan akibat sedikitnya minat mahasiswa untuk mempelajari peternakan.

Pelajaran yang dibahas dibidang peternakan yaitu mempelajari tentang  teknologi produksi,teknologi pakan,teknologi pengolahan,serta manajemen dan perencanaan usaha. Dengan begitu kita dapat berwira usaha sendiri,bahkan ketika usaha kita telah berkembang kita dapat memperkerjakan orang lain. Saat ini mutu genetik dan prokduktifitas dibidang peternakan. Dengan kita masuk di jurusan peternakan,maka otomatis kita akan tau tentang mutu dan produktifitas ternak yang baik. Dengan teknologi yang modern kita dapat menghasilkan daging yang banyak dan bermutu tinggi.

Hal lain di peternakan yaitu kita dapat mempelajari penyakit-penyakit yang ada pada hewan ternak. Ahli peternakan mencari cara untuk mencegah flu burung,yaitu dengan caramemberikan vaksin pada hewan ternak,khususnya jenis unggas. Setelah lulus di jurusan peternakan,selain berwirausaha kita juga dapat bekerja di industri produksi peternakanindustri produksi peternakan,industri obat hewan,industri pangan ternak,dan industri pengelolahan limbah ternak. Jangan pernah meremehkan jurusan peternakan,karena kalian mendapatkan daging,telur,dan susu dari peternak. Kita harus bangga masuk jurusan peternakan,karena nantinya kita dapat berguna bagi orang lain.