Universitas Muhammadiah Malang (UMM) didirikan pada tahun 1964 yang berinduk pada organisasi. UMM merupakan salah satu PTS terbaik yang ada di Indonesia, karena telah mendapat akreditasi A. UMM memiliki tiga kampus dan semuanya terletak di kota Malang. Kampus I di gunakan untuk program pasca sarjana. Kampus II digunakan sebagai  kampus fakultas kedokteran dan fakultas ilmu kesehatan. Sedangkan kampus III sebagai kampus terpadu yang merupakan pusat dari seluruh aktivitas.

UMM adalah universitas yang tumbuh dengan cepat. Kampus UMM biasa dijuluki sebagai kampus putih.Jas almamaternya berwarna merah. UMM merupakan kampus yang besar dengan fasilitas yang lengkap.. Mahasiswa di UMM tidak hannya berasal dari Jawa Timur,melainkan dari luar kota bahkan mancanegara. UMM memiliki rumah sakit,hotel,dan pertamina sendiri.

Awalnya UMM hannya membuka beberapa fakultas,yaitu fakultas ilmu sosial dan ilmu politik,hukum,FKIP,dan  FAI. Kemudian UMM membuka fakultas-fakultas lainnya,yaitu Fakultas Teknik,FPP,Fakultas Psikolog,Fakultas kedokteran,Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari D3 danS1 Keperawatan,Farmasi,serta program pasca sarjana.Kini UMM memiliki 12 fakultas  dan 44 jurusan. Setiap jurusan yang dipilih pasti mempunnyai makna tersendiri bagi para mahasiswa,jadi jangan sia-siakan kesempatanmu untuk meraih apa yang kamu inginkan. Hargailah apa yang kita miliki.